Diesel Engine Kijang Innova

Double Job For Diesel engine kijang Innova






Bahan bakar pada mesin diesel Kijang Innova tidak tidak hanya berfungsi sebagai sumber energi. Solar atau diesel juga ditugaskan melumasi komponen vital mesin, yaitu pompa pasokan bahan bakar (supply pump) dan injektor. Tepatnya, bahan bakar ini berfungsi rangkap.

Pompa pasokan solar dan injektor—pada mesin common rail—bekerja pada tekanan dan tingkat presisi yang sangat tinggi. Karena itu, penting sekali menjaga kebersihan filter solar. Begitu juga penggantiannya secara tepat waktu.

Filter solar digunakan untuk mencegah kotoran agar tidak sampai masuk ke dalam pompa pasokan bahan bakar dan injektor. Karena itulah, setelah kendaraan digunakan beberapa lama, kotoran akan menumpuk pada saringan. Kalau dibiarkan akan memengaruhi kelancaran aliran solar ke pompa. Untuk itu, saringan solar harus diganti secara reguler.

Pada Kijang Innova, penggantian saringan tidak ditentukan berdasarkan waktu penggunaan kendaraan atau jarak tempuh. Namun, itu ditandai dengan lampu indikator atau peringatan yang ada di panel instrumen atau meter kombinasi.

Untuk itu, penting sekali memerhatikan tanda peringatan saringan solar pada meter kombinasi yang ditandai dengan gambar dispenser pompa pengisian bahan bakar dan titik-titik.

Jika lampu hidup, berarti sistem saringan mengalami gangguan atau banyak kotoran menumpuk di dalamnya. Kalau sudah begini, elemen saringan mesti diganti. Selanjutnya, kalau indikator itu berkedip-kedip, tandanya air pada sedimenter sudah penuh dan harus dibuang.

Dikerjakan sendiri
Membuang air pada sedimenter atau mengganti elemen saringan solar bisa dilakukan sendiri. Saringan solar dan sedimenter bersatu dengan prime pump atau pompa tangan pada sistem pasokan bahan bakar. Saringan ini dilengkapi pula dengan sensor atau saklar yang mengirimkan sinyal ke komputer mesin dan kemudian diteruskan indikator yang berada di meter kombinasi.

source : kompas

Leave a Reply

Leave Your Comments Here, Hope you found what you need here. Thanks and happy blogging.

Tab 1.2
Tab 1.3
Submit your site to Google Search
Submit your site to Yahoo
Submit your site to MSN

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Aandfx | Edited by | Black Neon Template