Freeware And Shareware

Freeware
Pasti sudah pada mengenal dan tahu karena sering sekali orang mencari sofwtare gratis yang memiliki fitur setara dengan yang berbayar. Secara penggunaan software yang dilabeli freeware memang bebas digunakan dan disebarluaskan tapi tetap ada saya batasan yang diberlakukan untuk software ini. Bahwa sesuai dengan statusnya yang gratis bahwa software ini tidak boleh diperjualbelikan maupun direntalkan demi keuntungan. Fitur- fitur dalam software ini dapat digunakan secara penuh tanpa adanya batasan pemakaian.

Shareware
Beberapa orang beranggapan shareware sama dengan freeware karena kenyataannya ada beberapa situs katalog software menuliskan 'shareware/freeware'. Padahal kedua jenis software ini berbeda meskipun dalam beberapa hal serupa. Semisal penggunaannya yang tidak dibatasi alias bisa dipakai selamanya maupun penyebarluasannya. Perbedaannya adalah biasanya ada beberapa fitur yang yang hanya bisa didapat bila membayar. Namun dalam penggunaannya shareware sebenarnya sudah memiliki fitur yang hampir sepenuhnya bisa digunakan oleh user biasa tanpa butuh fitur yang lebih.

Setelah tahu definisinya tentunya kita tahu mana yang harus kita pilih yang jelas sesuai dengan kita,
sebenarnya masih ada satu istilah lagi yaitu :
Trial/DEMO
Sesuai dengan arti kata tersebut yang dalam bahasa indonesia berarti uji coba. Yup software ini memiliki batasan dalam hal penggunaan karena memang tujuannya hanya agar user/konsumen sempat mencicipi seperti apa software tersebut sebelum membelinya. Batasan biasanya berupa maksimum masa pakai beberapa hari tetapi ada juga yang batasan berupa fitur dimana fitur-fitur utama yang menjadi fungsi dari software itu tidak dapat digunakan/berfungsi secara penuh.


Leave a Reply

Leave Your Comments Here, Hope you found what you need here. Thanks and happy blogging.

Tab 1.2
Tab 1.3
Submit your site to Google Search
Submit your site to Yahoo
Submit your site to MSN

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Aandfx | Edited by | Black Neon Template